Bimbingan Teknis INTOSAINT di BPK RI Perwakilan Provinsi Riau

DSCN7504Pekanbaru – Selama dua hari, yaitu tanggal 19 s.d. 20 maret 2013, sejumlah pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi Riau mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) INTOSAINT di ruang auditorium Kantor Perwakilan. Acara dibuka oleh Kepala Perwakilan, Drs. Widiyatmantoro didampingi oleh Kasetlan, Triyantoro, SE, MM. Selaku pembicara pada bimtek ini adalah Kepala Sub Auditorat I.B.1 pada Auditorat I.B, Najmatuzzahrah didampingi oleh tim dari Itama yaitu Karinu Aji Wira Kusuma dan Imammudin Achmad.
Kegiatan INTOSAINT ini merupakan bagian dari tindak lanjut rekomendasi Peer Review atas BPK RI oleh ARK Belanda beberapa waktu yang lalu. IntoSAINT atau INTOSAI Self Assessment Integrity Tool merupakan sebuah program penilaian mandiri atas Integritas bagi Badan Pemeriksa anggota dari INTOSAI. Melalui pelaksanaan program ini diharapkan integritas dari seluruh pelaksana tugas BPK dapat meningkat.
Integritas merupakan salah satu nilai dasar sekaligus elemen penting bagi BPK RI. Oleh karena itu, para peserta diajak untuk merumuskan kerentanan – kerentanan yang dapat mengganggu integritas serta solusi – solusi yang ditawarkan. Pada akhirnya, dengan mengenali faktor – faktor kerentanan dan upaya penanggulangan, maka di masa mendatang akan dirumuskan kebijakan yang menopang kokoh integritas.