Kunjungan Universitas Pasir Pangaraian ke BPK RI Perwakilan Provinsi Riau Dalam Rangka Visit BPK RI 2014

IMG_0832Pekanbaru – Selasa (22/4) bertempat di ruang auditorium kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Riau diadakan acara sosialisasi bertajuk Visit BPK. Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, serta pimpinan dan ratusan mahasiswa dari Universitas Pasir Pangaraian sebagai peserta sosialisasi.
Kegiatan yang dilaksanakan ini mengusung tema “BPK dan Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara”. Acara diawali dengan pemutaran iklan layanan masyarakat dan film pendek BPK RI berjudul “Kertas Si Omas” yang berkisah tentang Tenaga Kerja Indonesia. Pembuatan film pendek ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai nilai-nilai dalam pengelolaan keuangan negara. Tema yang diangkat terinspirasi oleh hasil pemeriksaan BPK atas kinerja pengelolaan TKI. Selanjutnya, sambutan dari Pimpinan Universitas Pasir Pangaraian, Sri Yunawati, kemudian sambutan dan pembukaan acara oleh Kepala Sekretariat Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, Triyantoro, SE, MM.
Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai “BPK dan Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara” yang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas, Mikael P.H. Togatorop, SH, M.Hum beserta Kepala Sub Bagian SDM BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, Widia Woluningrum, SE, M.Si, Ak. Dalam pemaparan dijelaskan mengenai BPK RI yaitu proses pemeriksaan, jenis-jenis pemeriksaan dan hal-hal lain terkait pemeriksaan, dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dari para peserta sosialisasi. Setelah sesi tanya-jawab, dilanjutkan dengan pertukaran cinderamata antara BPK RI Perwakilan Provinsi Riau dengan Universitas Pasir Pangaraian dan sesi foto bersama. Acara diakhiri dengan ramah tamah dan makan siang bersama. Dengan adanya acara ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai ke-BPK-an serta dapat menjalin sinergi yang lebih baik lagi dengan kalangan akademisi.