Knowledge Transfer Forum Pemeriksaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan dan System Thinking

Pekanbaru – Para Pemeriksa BPK Perwakilan Provinsi Riau kembali mendapat pembekalan dalam bidang pemeriksaan. Pada Senin, 18 Desember 2017, bertempat di Ruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Riau, telah dilaksanakan kegiatan Knowledge Transfer Forum (KTF) dengan tema “System Thinking” kemudian dilanjutkan dengan KTF bertema “Pemeriksaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan” pada hari Kamis, 21 Desember 2017.

Pada pelaksanaan KTF hari pertama, telah disampaikan materi dengan judul “System Thinking Untuk Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Dalam Pemeriksaan”, yang disampaikan oleh Muhammad Hairil Anwar dan Firdaus Amyar dari Pusdiklat BPK RI. Pada hari kedua, Dian Angraini, Ketua Tim Senior (KTS) di BPK, memberikan materi mengenai “Tata Cara Pemeriksaan Infrastruktur Khususnya Pemeriksaan Jalan dan Jembatan”. Materi-materi tersebut dibutuhkan untuk semakin memantapkan pemahaman para pemeriksa dalam rangka persiapan pelaksanaan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2017.

Pelaksanaan kegiatan KTF ini merupakan salah satu upaya dalam rangka peningkatan kemampuan dan kompetensi para pemeriksa BPK. Hal tersebut sebagaimana diatur dalam Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN), dimana setiap pemeriksa BPK diwajibkan untuk selalu mengikuti pendidikan berkelanjutan sekurang-kurangnya 80 jam selama dua tahun.