Upacara Bendera Dalam Rangka HUT RI Ke-73

Pekanbaru – Hujan deras yang mengguyur kota Pekanbaru sejak semalam, tidak mengurangi khidmat-nya pelaksanaan Upacara Bendera. BPK Perwakilan Provinsi Riau melaksanakan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia pada Jum’at, 17 Agustus 2018 di Ruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Riau. Pada upacara HUT RI ke-73 ini, Kepala Sekretariat Perwakilan, Walujo, bertindak sebagai Inspektur Upacara dan sebagai Komandan Upacara adalah Rizal Zulfikar.

Ketua BPK RI Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, CA., CPA. melalui pidatonya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, menyampaikan bahwa tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa” diangkat dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan tahun ini bersempena dengan pelaksanakan Asian Games Tahun 2018 di Indonesia, yang merupakan kedua kalinya Indonesia sebagai tuan rumah ajang kompetisi multievent tingkat Asia ini. Tema ini diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia agar tercipta semangat dalam bekerja bersama membangun negeri dan semangat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan dan kelembagaan, para pegawai BPK perlu senantiasa meningkatkan kompetensi yang dimiliki, terutama bagi para pemeriksa yang menjadi tulang punggung pencapaian hasil pemeriksaan yang merupakan core BPK.

Pada akhir pidatonya Ketua BPK juga mengingatkan, agar seluruh pegawai BPK harus bekerja secara profesional dan selalu menjaga nama baik BPK. Kesempatan untuk melakukan fraud selalu ada. Namun, perlu saya tegaskan bahwa apabila kita menggunakan kesempatan tersebut, maka akan ada konsekuensi nya. Semua bentuk pelanggaran kode etik akan diproses oleh Inspektorat Utama dan Majelis Kehormatan Kode Etik (MKKE). Apabila ditemukan unsur pidana akan diserahkan ke instansi yang berwenang.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada Pegawai BPK yang telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 tahun di BPK.

Upacara yang dilaksanakan pada pagi hari tersebut telah berlangsung dengan tertib dan khidmat dan diikuti oleh segenap pegawai beserta para pejabat di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Riau.

Dirgahayu Republik Indonesia!