KEGIATAN “BPK MENDENGAR” DALAM RANGKA HUT BPK RI Ke-73

Perayaan hari ulang tahun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ke-73 yang jatuh pada 1 Januari 2019 dilaksanakan dengan meriah pada masing-masing perwakilan BPK seluruh Indonesia, termasuk pada BPK Perwakilan Provinsi Riau yang melaksanakan rangkaian kegiatan bertema “Bersatu Padu, BPK Maju”.

 Kegiatan pertama dalam rangkaian perayaan hari ulang tahun BPK yang dilaksanakan pada 7 Januari 2020 berjudul “BPK Mendengar”. Dengan mengundang seluruh Pemerintah Daerah di wilayah Provinsi Riau, acara tersebut berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga selesai. Tiga hal pokok yang dibahas pada kegiatan ini mengenai penyerahan LKPD Unaudited TA 2019, Long Form Audit Report (LFAR) dan tanggal pemeriksaan LKPD pendahuluan.

Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Riau, Bapak T. Ipoeng Andjar Wasita, memaparkan alasan diadakannya BPK Mendengar. Beliau menyampaikan bahwa BPK RI memiliki visi menjadi lembaga pemeriksa keuangan negara yang kredibel dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar, serta berperan aktif dalam mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara/daerah yang akuntabel dan transparan. Bertepatan dengan perayaan HUT BPK RI ke 73 ini, BPK Perwakilan Provinsi Riau memberikan wadah kepada pemangku kepentingan untuk menyampaikan suara, aspirasi, keinginan serta harapan kepada BPK RI agar tercipta sinergi demi mencapai transparansi dan akuntabilitas tata kelola keuangan negara/daerah.

Gubernur Riau, Drs. H. Samsuar, Msi, memberikan apresiasi dan dukungan kepada BPK sebagai lembaga tinggi negara dalam pengelolaan keuangan negara/daerah untuk menjalankan tugas dan fungsinya melakukan pemeriksaan pengelolaan keuangan negara/daerah.

Pada acara inti kegiatan ini, BPK mendengarkan masukan, pertanyaan, aspirasi, dan keluhan dari tamu undangan. Antusiasme peserta untuk acara ini nampak dari beragamnya pertanyaan dan saran yang diajukan. Berbagai topik diangkat mulai dari dana desa, tindaklanjut temuan, revolving fund, dan lain sebagainya.

            Permasalahan yang diajukan peserta ditampung dan dijawab langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Riau, yang dibantu oleh Ratna A. Kusumaningtyas (Kepala Subauditorat Riau I), Denny Sandryanto (Pengendali Mutu), Diki Agus Permana (Ketua Tim Senior), serta Saifullah (Ketua Tim Yunior).