BPK Perwakilan Provisi Riau Tanggap COVID-19

Perkembangan penyebaran Covid-19 di Indonesia, terasa cukup pesat. Di Provinsi Riau sendiri, data terkait menurut situs resmi corona.riau.go.id jumlah pasien suspect Corona atau Covid-19 di Riau, terhitung sejak 3 s.d. 27 Maret 2020, totalnya mencapai 72 orang. Dari jumlah itu, 22 orang dinyatakan negatif, sehat dan dipulangkan. Lalu, satu orang lainnya dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Sedangkan, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 di Riau, jumlahnya sebanyak 4.434 orang. Dengan keterangan, 57 orang selesai pemantauan dan 4.377 orang masih dalam proses pemantauan.

Tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam penanganan wabah ini. Namun, seiring merebaknya virus ini, sarana prasarana alat perlengkapan perlndungan diri tenaga kesehatan semakin menipis dan langka. Dalam rangka solidaritas dan kepedulian untuk penanganan virus tersebut, BPK Perwakilan Provinsi Riau melakukan penggalangan dana dari pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Riau untuk dibelanjakan APD (Alat Pelindung Diri) spt baju medis, sarung tangan steril, kacamata google, dan sepatu boots, serta suplemen vitamin, yang akan diberikan kepada tenaga medis.

Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau, T. Ipoeng Andjar Wasita, kepada Direktur RSUD Petala Bumi, drg. Hj. Sumiarti, dan Direktur RSUD Arifin Achmad, dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS., di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Riau pada hari Jumat tanggal 27 Maret 2020. RSUD Petala Bumi dan RSUD Arifin Achmad merupakan RS Rujukan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau. Terdapat 132 RS Rujukan Penanganan Covid-19 untuk seluruh daerah di Provinsi Riau. Daftar lengkapnya dapat diakses pada laman corona.riau.go.id.

Semoga solidaritas pegawai di BPK Perwakilan Provinsi Riau dapat meningkatkan semangat para pahlawan medis yang berjuang di garda depan melawan COVID-19.