BPK Perwakilan Provinsi Riau Berbagi

Pandemi Covid-19 yang tengah mewabah saat ini, selain merusak kesehatan ternyata juga merusak tatanan perekonomian masyarakat. Kebijakan social distancing dan physical distancing yang digaungkan tidak dapat diaplikasikan pelaku sektor informal dengan basis kerja harian. Seperti memakan buah simalakama, melaksanakan social distancing dan physical distancing berarti perekonomian keluarga lumpuh, tidak melaksanakannya berarti harus berhadapan dengan wabah tersebut. Sementara itu untuk memenuhi kebutuhan harian tetap dibutuhkan biaya. Terlebih lagi telah memasuki dalam bulan Ramadhan 1441 H. Kondisi ini dilematis bagi saudara-saudara kita tersebut.

 

Melihat fenomena ini, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau, T. Ipoeng Andjar Wasita, berinisiatif untuk menggelar aksi BPK Riau Berbagi. Aksi ini merupakan kegiatan penggalangan dana dari pejabat struktural dan pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Riau. Dana yang terkumpul akan dibelanjakan paket sembako untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Dalam satu paket sembako terdapat beras, minyak goreng, sarden, mie instan, dan kebutuhan pokok lainnya.

Aksi BPK Riau Berbagi ini dilaksanakan oleh Relawan BPK Riau pada setiap hari Minggu selama bulan Ramadhan. Relawan BPK Riau terdiri dari pejabat struktural dan pegawai pada BPK Perwakilan Provinsi Riau.

Relawan BPK Riau membagikan 60 paket sembako pada aksi pertama dan 85 paket sembako pada aksi kedua. Paket Sembako diberikan kepada pekerja lepas harian seperti tukang parkir, pedagang kaki lima, pedagang asongan, dll.

Aksi ketiga merupakan pemberian sebanyak 38 paket sembako kepada OB, security, serta Tenaga Tidak Tetap (TTT) yang berada di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Riau.

Dalam aksi keempat, paket sembako didistribusikan secara door to door kepada penerima bantuan yang telah disurvey sebelumnya. Sebanyak 80 paket sembako dibagikan kepada yang benar-benar membutuhkan dan layak menerimanya.

Selain aksi BPK Riau Berbagi, juga dilakukan kegiatan Berbagi ke Panti Asuhan yang dilaksanakan dibawah kepengurusan Mushalla Baitul Hasib BPK Perwakilan Provinsi Riau. Berbagi ke panti merupakan kegiatan pemberian bantuan ke beberapa panti asuhan berupa makanan berbuka, beras, dan santunan uang tunai yang berasal dari infak pegawai BPK Perwakilan Provinsi Riau. Kegiatan berbagi ke Panti dilaksanakan setiap hari Jum’at selama bulan Ramadhan, yaitu pada Panti Asuhan Darul Ilmi, Panti Asuhan Al-Ikhlas, dan Panti Asuhan Rahmat Hidayatullah.

Kegiatan berbagi ke panti pada Ramadhan kali ini dilaksanakan secara sederhana tanpa adanya kegiatan bersama atau berkumpul bersama anak-anak panti asuhan mengingat kondisi saat ini yang harus mematuhi protokol kesehatan sehubungan dengan covid-19. Kegiatan dilaksanakan oleh perwakilan panitia yang mana langsung menyerahkan bantuan kepada pihak panti asuhan.

 

 

 

 

 

Aksi BPK Riau Berbagi dan kegiatan Berbagi ke Panti Asuhan yang diinisiasi Mushalla Baitul Hasib ini diharapkan mampu meningkatkan solidaritas dan jiwa sosial di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Riau, meningkatkan rasa syukur terhadap nikmat yang telah dimiliki, membantu dan berbagi kebahagiaan kepada orang-orang yang membutuhkan. Selain itu kegiatan ini diharapkan mampu mengisi kegiatan ibadah dan menambah amalan di bulan suci Ramadhan

 

.