Semangat Kemerdekaan dalam Menyongsong Nusantara Baru Indonesia Maju

Jakarta,17 Agustus 2024 – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 Tahun, BPK Perwakilan Provinsi Riau (BPK Riau) menggelar serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan mempererat tali persaudaraan antar pegawai. Beragam agenda kegiatan dilaksanakan sepanjang 15 Agustus 2024 hingga 17 Agustus 2024 mulai dari perlombaan tenis meja, domino, catur, badminton, voli gembira sampai pelaksanaan senam ceria yang diselenggarkan di halaman kantor BPK Riau, Jumat (16/8).

Puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh pegawai BPK Riau, Sabtu (17/8). Dengan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”, merefleksikan semangat bangsa Indonesia yang sedang bertransisi, bersinergi, dan berkolaborasi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ucap Inspektur Upacara Mikael P.H. Togatorop S.H., M.Hum., C.L.A saat membacakan pidato dari Ketua BPK RI Dr. Isma Yatun, CSFA., CFrA.

“Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan ini, marilah kita maknai dengan kontribusi nyata melalui peningkatan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan untuk mencapai tujuan negara,” ucap Inspektur Upacara. Lebih lanjut dibacakan oleh Insepktur Upacara dari pidato Ketua BPK RI bahwasannya dalam perjalanan mengisi kemerdekaan, BPK telah memberikan serangkaian sumbangsih nyata melalui pelaksanaan mandatnya. Setiap tahunnya, tak terkecuali di tahun ini, BPK telah menyampaikan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta badan lainnya Tahun 2023, yang secara umum telah menunjukkan kualitas pertanggungjawaban keuangan yang baik.Selain itu, BPK juga telah menyampaikan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2023 yang mengungkapkan temuan dan rekomendasi untuk perbaikan tata kelola keuangan negara, serta hasil pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan dan penyelesaian kerugian negara pada tahun-tahun sebelumnya. IHPS tersebut menyampaikan hasil pengembalian uang/penyerahan aset sebagai tindak lanjut keuangan negara senilai Rp136,88 triliun sejak tahun 2005 hingga tahun 2023. Kemudian dalam capacity building, BPK juga telah dipercaya sebagai Ketua Organisasi BPK sedunia (atau INTOSAI) Tahun 2028-2031 serta menjadi External Auditors di berbagai lembaga internasional.

“Marilah kita bersama berdoa, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk Nya serta kekuatan kepada kita semua, insan BPK, serta memberkati seluruh upaya dan kontribusi BPK dalam membangun bangsa dan negara. Dengan terus mengobarkan semangat kemerdekaan serta sinergi dan kolaborasi, mari kita satukan tekad mewujudkan BPK Hebat untuk Nusantara Baru Indonesia Maju.” ucap Inspektur Upacara menutup pembacaan pidato Ketua BPK.

Dalam rangkaian upacara ini, Inspektur Upacara juga menyematkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada lima orang pegawai yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin secara terus menerus paling singkat sepuluh tahun dan dua puluh tahun. Semoga pengabdian yang telah dilakukan, menjadi nilai ibadah serta kebaikan bagi sesama.