Gelar Peningkatan Kompetensi Melalui Pelatihan Pemeriksaan Kinerja

Pekanbaru, 5 Agustus 2024– BPK Perwakilan Provinsi Riau (BPK Riau) menggelar kegiatan pelatihan pemeriksaan kinerja secara daring melalui aplikasi Zoom, Senin (5/8). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sekretariat Perwakilan, Mikael P. H. Togatorop, S.H., M.Hum., C.L.A serta dihadiri oleh Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara Medan (Badiklat PKN Medan), Moh. Iqbal Aruzzi S.E., MBIT, Ak., PhD., CA.

Kegiatan pelatihan diikuti oleh 106 pegawai yang terdiri dari para pejabat struktural dan pejabat fungsional pemeriksa BPK Riau. Dihadapan seluruh peserta pelatihan, Kepala Sekretariat Perwakilan mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi seluruh para pemeriksa BPK Riau dalam penerapan panduan dan kebijakan yang ada, serta penerapan metodologi pemeriksaan sesuai yang diatur dalam petunjuk pelaksanaan pemeriksaan kinerja.

Sebagaimana diketahui dalam amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, diatur bahwa BPK tidak hanya melaksanakan pemeriksaan keuangan namun juga dapat melaksanakan pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Sesuai Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN), pemeriksaan kinerja bertujuan untuk memberikan kesimpulan atas aspek ekonomi, efisiensi, dan/atau efektivitas pengelolaan keuangan negara, serta memberikan rekomendasi untuk memperbaiki aspek tersebut.

“Kegiatan pelatihan pemeriksaan kinerja ini akan berlangsung selama dua hari kedepan, pada hari Senin dan Selasa tanggal 5 s.d. 6 Agustus 2024. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Subdirektorat Analisis Kebijakan Pemeriksaan Kinerja (Anjak) pada Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi, dan Kebijakan Pemeriksaan Keuangan Negara BPK RI. Selamat mengikuti kegiatan pelatihan dan semoga apa yang kita lakukan membawa kebaikan bagi kita semua” ungkap Kepala Sekretariat Perwakilan.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK Riau, Jariyatna S.E., M.M., Ak., CPA., CPSAK, CSFA, dalam penutupan kegiatan pelatihan, Selasa (6/8), mengucapkan terima kasih kepada Badiklat PKN Medan dan Subdirektorat Anjak atas terselenggaranya kegiatan pelatihan untuk pegawai BPK Riau. “Semoga bisa menjadi bekal untuk teman-teman pemeriksa di penugasan pemeriksaan semester II kedepan,” tutupnya.