BPK Luncurkan Inovasi Guna Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat

Jakarta – Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI), Bahrullah Akbar mengadakan jumpa dan bincang santai bersama media nasional di Hotel Santika Jakarta, Rabu (27/12). Wakil Ketua BPK yang didampingi Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional, R. Yudi Ramdan Budiman mengadakan acara ini ini untuk menyampaikan beberapa program inovasi BPK RI dalam meningkatkan kualitas kinerja dan profesionalitas BPK agar semakin dikenal oleh masyarakat.

Menurut Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional pada tahun 2018, BPK RI akan mengeluarkan aplikasi terbaru dalam mobile apps yang dapat berfungsi sebagai tempat pengaduan masyarakat dalam mengawasi pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Mobile apps ini nantinya akan bisa langsung di download oleh masyarakat melalui sistem operasi Android dengan versi 1 yang akan berkembang ke versi selanjutnya, sesuai kebutuhan.

“Mobile Apps dapat berfungsi sebagai tempat pengaduan yang didalam nya ada beberapa konten dan tidak memberatkan sistem android para pengguna,” ujar kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional.

Selain itu BPK juga meluncurkan inovasi sebuah mobil operasi atau bisa disebut Mobin, yang akan berfungsi sebagai tempat pelajaran siswa SD dalam mengenal BPK RI. Mobin ini akan mengajarkan anak-anak SD untuk belajar nilai-nilai kejujuran dan ketelitian.

“Mobin ini akan beroperasi di Sekolah Dasar Se-Jabodetabek, untuk memulainya akan ada 1 mobin yang keliling sekolah dasar di Jakarta sebagai percontohan,” ungkapnya.

Dengan berkembang pesatnya media sosial dalam Kanak-kanak, Humas BPK RI akan meluncurkan Vlog BPK RI untuk mengedukasi masyarakat khususnya anak-anak. Tidak ketinggalan BPK RI dalam merangsang kembali minat baca dan riset, maka akan dibangunnya Pusat Riset Keuangan Negara serta perpustakan dalam mengembangkan literasi.

“Pastinya rekan media akan kami latih juga dalam membaca laporan BPK secara detail agar tidak ada kesalahan dalam menganalisa,” tutupnya.